Resolusi Manajemen Rumah 2016

         Pic taken from: Click here


Hello... I am back..

Masih di awal maret, masih semangat melakukan resolusi di 2016.. tahun ini lebih fokus ke manajemen rumah tangga (Houshold Management). Apa saja itu:

   
                                                       
  1. Manajemen Keuangan meliputi:
    • Investasi Dana Pendidikan Anak, untuk tabungan pendidikan anak saya melakukan diversifikasi investasi, setelah anak pertama lahir saya dan suami langsung mendedikasikan sebagian uang penghasilan kita untuk dana pendidikan si kecil (Elmira 15 m), setelah setahum, dana tersebut baru dinvestasikan ke beberapa instrumen investasi, dan ditahun ke dua ini kami masih rutin menabung buat sikecil.
    • Tabungan Dana Darurat: untuk tabungan ini biasanya g terlalu besar, idealnya sih sekitar 3x gaji bulanan kita. Ya seadanya aja palingan kalo ada apa-apa larinya ke pegadaian hahaha
    • Asuransi Jiwa: Bayarnya setiap tahun, saya ambil Asuransi Jiwa yang Whole Life untuk 10 tahun periode pembayaran
    • Tabungan Pensiun: Sebenernya sih tabungan pensiun sudah masuk dalam potongan gaji dikantor, cuma kalau ada rejeki lebih dimasukkan saja ke Reksa Dana.
    • Tabungan Pribadi: Berhubung saya bekerja, saya tetep memisahkan sebagian gaji saya untuk tabungan pribadi saya.
    • Manajemen Hiburan: Makan diluar, jalan-jalan, kongkow-kongkow dengan teman. Sebenernya ini merupakan Takdir haha saya menyebut takdir karena sebagai kaum urban yang suka jalan-jalan, susah banget mengelakkan kegiatan ini. Apalagi saya seneng banget mencoba hal-hal baru. Tahun ini sih pengen fokus ke tempat-tempat yang bisa dikunjungi dan dinikmati si kecil.
  2. Manajemen dalam Rumah
    • Dekorasi rumah: Mau merombak kamar tamu di kamar depan, buat ruang main si kecil juga, ceritanya mau buat kamar ala Montessori.
    • Dekorasi Taman: Tahun ini rencananya mau mulai mengembangkan tanaman rempah-rempah yang bisa dijadikan bumbu dapur (Sereh, Lengkuas, Daun Salam, Jeruk purut)
    • Manajemen Logistik Makanan: Pakai metode FiFo (First In First Out), belanja tiap 2 minggu sekali, buat daftar menu masakan mingguan (susah-susah gampang), dan meminimalisir sayuran busuk di kulkas.
Kalau mau dirinci sebenernya banyak sekali, cuma saya hanya ingin mencapai apa yang mungkin diraih (halah). Mulai dari kecil dulu tapi perlahan dan pasti. Yang jelas, tahun ini pengen banget keuangan lebih teratur khususnya cash flow RT yang masih berantakan (akibat belanja online and jajan :P)


Komentar

Postingan Populer