What is your favourite National Songs

Barusan liat lagi video Gamaliel dan Audrey di http://www.youtube.com/ pada acara Harmoni. Waktu acara harmoninya di tayangin di SCTV sih gw nonton, tiba-tiba saya pengen nonton mereka lagi, soalnya kali ini khas banget mereka nyanyiin lagu-lagu nasional (kalo gak salah bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia deh 17 Agustus). Melihat video mereka, tiba-tiba saya terinspirasi buat menulis tentang lagu nasional Indonesia. Kalian tentu masih ingat ketika jaman-jaman SD dimana kalian harus upacara dan disamping lagu Indonesia Raya dinyanyikan pada saat terdapat juga lagu-lagu kebangsaan yang dinyanyikan oleh paduan suara sekolah. Disamping itu, saya juga teringat ketika saya ditunjuk menjadi salah satu tim paduan suara yang mewakili sekolah menengah pertama saya untuk ikut oubade peringatan 17 Agustus pada tahun 2001 (bener gak tulisanya kayak gini) atau paduan suara di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan.
Bagi saya secara pribadi, keberadaan lagu-lagu nasional Indonesia tidak lepas dari rasa nasionalisme warga negara Indonesia. Saya memiliki kekaguman yang luar biasa kepada para pencipta lagu-lagu nasional. Kepiawaian mereka membuat lagu-lagu heroik membuat jantung saya bergetar. Mungkin agak berlebihan, tapi saya benar-benara sangat menghayati lagu-lagu perjuangan ketika dikumandangkan. Salah satu lagu favorit saya adalah Syukur, berikut liriknya:

Dari yakinku teguh
Hati ikhlasku penuh
Akan karuniamu
Tanah air pusaka
Indonesia merdeka
Syukur aku sembahkan
KehadiratMu Tuhan

Dari yakinku teguh
Cinta ikhlasku penuh
Akan jasa usaha
Pahlawanku yang baka
Indonesia merdeka
Syukur aku hanjukkan
Ke bawah duli tuan

Dari yakinku teguh
Bakti ikhlasku penuh
Akan azas rukunmu
Pandu bangsa yang nyata
Indonesia merdeka
Syukur aku hanjukkan
Kehadapanmu tuan

Bagaimana,,bergetar tidak? Menurut saya, makna lagu ini sangat dalam. Kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia tidaklah mudah. Oleh karena itu, rasa syukur patut ditambatkan melaui kontribusi terhadap negara ini. Apalagi saat ini semangat nasionalisme Indonesia sedang berada di puncak karena berhasilnya Tim Nasional Sepakbola Indonesia ke babak Final Piala AFF. Lagu Indonesia Raya yang dikumandangkan di stadion utama gelora bung karno membuat seluruh jiwa dan raga ini bangkit, menaruh hormat kepada para pahlawan dan menjadi wujud syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kemerdekaan pada bangsa Indonesia.

Komentar

Postingan Populer