Foto-Foto masakan selama d Seoul

Terong Lado Ijo
Biji salak Dimsum
Tuna asam Manis Teri Kacang&Sayur Lodeh

Selama disini, gw mencoba selalu masak sendiri..secara kalo beli makan diluar terus bisa bangrut eike..sekali makan 5000..kalo masak sendiri kan lebih hemat.. ya g sih :)

Sekalian mw pamer,, gw uda bisa masak rendang, gulai, terong lado ijo, fillet ikan asam manis, kolak biji sallak,,,dan terakhir dimsum..

No pics = hoax..yo wis..ni gw kasih hasil kreasi masakan gw :)

Resepnya gampang:
1. Terong Lado Ijo..:
  • Eggplant
  • Teri (Small Fish)
  • Green Chili
  • Bwg Bombay
  • Garam
  • Gula
Cara Memasak:
  • Goreng terong dan teri..Setelah matang angkat dan pisahkan
  • Blender/ulek cabe ijo dan bwg bombay (sebenernya pake bwg merah,,cuma bwg merahnya g ada d korea,.,jd gw ganti bwg bombai)
  • Setelah blender..cabe di masak (di tumis di minyak, minyaknya secukupnya aja)..sampe bau cabenya ilang..masukin deh garam secukupnya, gula dikit aja (kebiasaan masakan jawa nih pake gula :))..setelah masak terong dan terinnya masukin deh.
Sodara-sodara, ternyata cabe ijo korea pedes juga lho..gila gw aja ampe melepuh makan ni terong hehe..

2. Biji Salak
Bahan_Bahan:
  • Sweet Potatoe
  • Corn Powder (Maizena)
  • Palm Sugar
  • Coconut Milk
Cara Memmasak
  • Coconut milk di masak, campur air, kekentalan tergantung selera, trus gula merah di iris-iris pake pisau..tingkat kemanisan juga tergantung selera :) di aduk-aduk terus yah..tambahin garam dikit (ini jg tergantung selera, sebenernya kalo ad daun saji/pandan sih lebih enak lagi, dimasukin aja supaya harum
  • Sweet potatoes, di rebus sampai matang, setelah di rebus, kupas dan dilumatkan, campur dengan tepung maizena,, sampai bisa dibentuk2.. setelah itu bentuk bola2..
  • Kalo sudah jadi, tinggal di cemplungin deh k kuah gulamerah tadi :)
3. Dimsum
Kalo dimsum ini, gw beli terigu khusus dumpling atau mandu..sebenernya yang sudah jadi kulit jg udah ada dijual dsupermarket.
Bahan-bahan:
  1. Terigu
  2. Air
  3. Ikan, Udang
  4. Wortel
  5. Bawang Bombay
Cara Memasak:
  1. Terigu di campur air,, sampai adonan kalis trus di buat kulit2..(gw pake penggiling adonan gitu), kalo di Indonesia kan alat penggiling yang biasa dipake buat bikin cheese stick.
  2. Isian: Ikan tuna,, di tumis pake bwg bombay, garam, ikanya dicacah2 sampe kecil2 supaya enak dijadiin isi :)..
  3. Disamping ikan tuna, gw jg buat isian spring roll (udang, bihun wortel)..semuanya ditumis,, pake garam, bwg bombai,dan saus dwenjang. Oh ya,, gw beli saus dwenjang disini enak lo..bisa dipake bumubu apa aja. Saus dwenjang itu saus kedelai..ada campuran cabeny, bwg putihnya.
  4. Setelah isian matang, y udah tinggal terigu tadi yang kita buat kulit diisi oleh isian... Bentuklah sesuka hati, setelah itu bisa di rebus or digoreng. Berhubung gak punya kukusan,,di rebus pake air jg gpp :).
  5. Untuk saosnya,, td pake saos cap jempol, dicampur air dikit, trus tambahin saos bangkok jg :)


Komentar

Postingan Populer