Apakah Kapitalisme akan hancur?

Hari ini saya kuliah portofolio oleh pak Irwan ( my favourite lecturer), dan ditengah-tengah perkuliahan, you know what? One of the student in my class asked him about the bankruptcy of Lehman Brothers. What did she ask?? pertanyaanya adalah mengapa bankrutnya Lehman Brothers sangat berpengaruh kepada Indonesia???sebenarnya sih sy tahu bahwa maksud pertanyaan teman saya itu adalah mengapa krisis US sangat berpengaruh signifikan kepada Indonesia. Ya tentu ajalah, secara selama bertahun-tahun Amerika telah membuat dunia untuk berinvestasi di US dan menggunakan currency dollar sebagai mata uang yang universal. Oleh karena itu, walaupun kita jauh dari US tp tetep aja mau gak mau ngefek ke sektor keuangan di Indonesia. Seperti artikel yang disajikan waktu saya ujian tengah semester Bisnis Internasional bahwa Amerika sedang membangun kekuatan yaitu sebuah Empire dimana kekuatannya dikumpulkan melalui kekuatan ekonomi melalui sektor keuangan. Namun, sekarang krisis keuangan telah melanda US semenjak krisis subrime mortgage 13 bulan yang lalu. Perusahaan seperti Lehman Brothers yang kapitalisasi asetnya banyak di kredit perumahan mengalami kebangkrutan. Hutang, tidak mendapatkan suntikan dana dari the Fed's , dan asetnya kemudian dijual dengan harga yang murah. Mengutip perkataan dosen saya tadi, penyebabnya ialah subrime mortgage menyebebkan investor kehilangan kepercayaan, mereka panik dan akhirnya menarik duitnya dari kembaga keuangan tersebut. Hm apakah itu akan berlanjut kepada kepercayaan dengan sistim ekonomi kapitalis yang dikiblati oleh US???

Kalo begitu, dosen saya tadi bilang bahwa jika memang kepercayaan dunia sepenuhnya hilang maka yang terjadi adalah bahwa sistem kapitalisme akan hancur dan teori keuangan seperti yang saya pelajari gak akan berguna jika dan mungkin tidak optimal jika digunakan. Bagaimana menurut anda??

Komentar

Postingan Populer