Magang di Korea


Ketika turun salju, jalanan agak macet

View dari lantai 9 kantor magang saya, tampak pemandangan Chongdokgung Palace


Alhamdulillah selama sebulan ini saya telah menjalani magang di kantor konsultan bisnis milik Professor saya. Beliau adalah salah satu Professor di kampus saya KDI School of Public Policy and Management yang berasal dari Inggris.

Awalnya saya tidak mendapatkan tawaran atas pekerjaan ini, yang ditawarkan adalah teman saya yang berasal dari negara Maldives (Maladewa). Namun, teman saya ini malas karena dia harus memulai pekerjaan ini hanya beberapa hari setelah ujian akhir. Akhirnya dia pun menawarkan pekerjaan ini ke saya dan merekomendasikan saya ke Professor. Sayapun mencoba berani mengambil pekerjaan ini. Menurut saya toh tidak ada salahnya kan?. Awalnya saya mendapat beberapa opini miring dari kawan-kawan terkait Professor ini. Banyak isu yang beredar, dan mereka merasa heran mengapa saya mau mengambil pekerjaan ini. Awalnya sayapun sempat ragu, namun saya ingat bahwa saya harus menjauhi prasangka buruk sebelum benar-benar tau dan mengalami apa yang dikatakan oleh teman-teman. Akhirnya saya tetap mengambil pekerjaan ini.

5 Desember 2011
Pada tanggal inilah saya memulai pekerjaan saya. Lokasi kantor Professor ini berada di daerah Ankuk (Stasiun Ankuk). Saya harus menempuh perjalanan selama 40 menit dari Stasiun Hoegi (daerah dongdaemun), kemudian transfer di Jongno 3 ga dan turun di Stasiun Ankuk.
Hari pertama saya mulai dengan riset data. Oh ya, pekerjaan saya ini terkait dengan analisis Value Chain dari Samsung Electronics untuk direkomendasikan ke pemerintah Kanada. Pemerintah Kanada, selama ini mengalami kesulitan untuk menjalin kerjasama dengan Samsung. Nah, tugas saya adalah bagaimana saya harus membuat analisis supaya perusahaan Kanada bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan Samsung.

Pekerjaanya lumayan menantang, karena saya belum pernah mendalami kasus samsung sebegitu dalamnya. Saya memulai analisis dari laporan keuangan, struktur organisasi, sampai pada tahapan meraba-raba value chain dari Samsung Electronics ini.

Terkait dengan hubungan saya dengan Professor, beliau cukup memberikan saya kebebasan untuk berfikir. Dia hanya memberikan komando untuk melakukan ini itu, kemudian memberikan saya komentar atas pekerjaan yang saya telah lakukan. Saya juga banyak berdiskusi dengan beliau terkait dengan pekerjaan sebagai konsultan dan hal-hal terkait dengan isu-isu bisnis dan ekonomi. Oh iya, Professor saya ini lulusan Cambridge University.

Terkait dengan lingkungan kantor, saya kira di gedung perkantoran saya ini hanya saya seorang yang memakai Jilbab. Atau mungkin hanya saya orang asing di gedung ini, selain Professor saya yang orang Inggris. Adapun di kantor saya, ada tiga orang staf dan dua mahasiswa magang. Tiga orang staf ini adalah orang Korea, dimana salah satunya adalah anak Professor yang baru lulus kuliah di LSE.

Bagaimana saya melakukan Ibadah sholat lima waktu selama bekerja? Alhamdulillah di sana terdapat ruangan rapat yang jarang dipakai. Jadi saya selalu melakukan ibadah sholat disitu. Dari hari pertama saya sudah meminta izin kepada Professor untuk menjalankan ibadah sholat dan beliau mengizinkan. Oh ya, perlu diketahui bahwa Professor saya ini pernah ke Indonesia dan mengerjakan suatu proyek selama sekitar dua bulan di Padang. Jadi paling tidak beliau mengetahui tentang kehidupan orang Indonesia yang mana mayoritas adalah muslim.

Hmm, besok adalah hari terakhir saya bekerja. Semoga pengalaman ini menjadi pengalaman yang berharga buat saya dan masa depan saya. Amin.

Komentar

Feranisa Prawita Raras mengatakan…
Sebulan aja magangnya? bukannya setahun?
btw alhamdulillah yah bisa shalat di kantor. ;)
Anjani mengatakan…
Ini magang yg lain ras,,magang di kantor konsultannya Prof. Kalo yang magang setahun nanti bulan februari aku mulainya :)
Feranisa Prawita Raras mengatakan…
Siip, keren! Seneng baca blog kamu, banyak manfaat positif. Sekarang banyak artikel baru pula. Keep it up!
Anjani mengatakan…
Iya ras lg rajin nih sehari bisa nulis sampe 2 tulisan,,mumpung lg g sibuk2 banget. soalnya selama 2011 kemaren kurang produktif sepertinya :))

Postingan Populer